Skip to content

Action

Reading Time: 1 minute

Action adalah delegate generik yang disediakan oleh framework .Net Framework dan .Net Core. Action didefinisikan dengan tipe balikan void(tidak mengembalikan nilai). Framework mendefinisikan Action yang memiliki 1 parameter sampai Action yang memiliki 16 parameter. Salah satu keuntungan menggunakan action dibandingkan dengan delegate langsung adalah kita tidak perlu membuat delegate custom. Kita tinggal menggunakan delegate custom yang sudah disediakan oleh framework. Untuk kalian yang belum faham mengenai delegate, silahkan baca tulisan saya di sini.

Perhatikan contoh berikut.

Baris kode di atas adalah membuat objek delegate dengan tipe balikan void dan menginisialisasinya dengan metode MetodeA. Setelah objek delegate dibuat, referensinya kemudian diserahkan pada variabel myAct. Jumlah parameter yang didefinisikan adalah 1 karena jumlah tipe data yang dimasukkan pada kurung siku adalah 1.

Perhatikan lagi contoh berikut.

Untuk kode di atas, jumlah parameter yang didefinisikan adalah 2 karena jumlah tipe data yang dimasukkan pada kurung siku adalah 2.

Jika belum faham, silahkan tanya di komentar atau hubungi saya melalui WhatsApp. Baca juga tulisan-tulisan saya yang lainnya mengenai pemrograman di sini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Bagikan artikel

Published inPemrograman

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan

    WhatsApp chat