Skip to content

Apakah Programmer Harus Jago Matematika?

Reading Time: 2 minutes

Tergantung dari Program Apa yang Akan Dibuat

Tingkat kemampuan matematika yang dibutuhkan untuk membuat suatu program akan berbeda sesuai dengan program apa yang akan dibuat. Misalnya untuk membuat aplikasi Pendaftaran di rumah sakit. Berdasarkan pengalaman saya, untuk membuat aplikasi seperti itu tidak memerlukan banyak kemampuan matematika. Paling hanya kemampuan matematika dasar saja. Asal kita faham tambah, kurang, kali dan bagi sudah cukup. Lain halnya dengan aplikasi yang ada hubungannya dengan pengolahan citra. Untuk membuat aplikasi seperti itu, kita harus memiliki tingkat kemampuan matematika lebih dari tingkat kemampuan dasar. Kita harus faham matriks dan vektor untuk membuatnya.

Berdasarkan Pengalaman Saya, Programmer “Dewa” Biasanya Jago Matematika

Berdasarkan pengalaman saya. Ketika seseorang suka ngoding dan dia juga jago matematika dia biasanya mempunya kemampuan ngoding diatas rata-rata. Tentu ini hanya pendapat pribadi saya dan tidak berdasarkan penelitian. Mungkin karena sering mengerjakan soal matematika jadi logikanya terasah. Tapi ada juga kasus orang yang jago matematika tapi dia tidak jago ngoding, ini mungkin karena dia memang tidak suka ngoding. Kombinasi suka ngoding dan Jago Matematika berpotensi melahirkan “Dewa”.

Usahakan untuk Jadi Jago Matematika

Jika seorang programmer jago matematika, menurut saya itu lebih baik. Karena ketika harus membuat program yang mengharuskan kita mempunyai kemampuan matematika yang tinggi kita tidak akan kesulitan. Selain itu logika kita juga akan terasah kalau sering belajar matematika. Luangkan waktu satu atau dua jam dalam seminggu untuk belajar matematika.

Kalau Saya, Sekarang Sedang Belajar Kalkulus dan Aljabar Linier

Saya belajar kalkulus dan aljabar linier karena memang ada niat untuk melanjutkan kuliah S2. Aamiin :). Saya belajar dari youtube dan buku, untuk youtube saya biasanya mengunjungi changel ini. Menurut saya ini channel yang paling bagus, materinya disampaikan dengan cara yang mudah difahami. Untuk buku, saya memperoleh rekomendasi dari dosen saya. Dari segi penyampaian menurut saya lebih susah difahami, ciri khas buku-buku kuliah. Hahaha.

Buku-buku ini dibelikan oleh teman saya. Terima kasih ya ๐Ÿ™‚

Buku Kalkulis Jilid 1-Apakah Programmer Harus Jago Matematika?
Kalkulus Jilid 1
Buku Aljabar Linier-Apakah Programmer Harus Jago Matematika?
Aljabar Linier
Buku Kalkulus Jilid 2-Apakah Programmer Harus Jago Matematika?
Kalkulus Jilid 2

Kesimpulan

Apakah Programmer Harus Jago Matematika? jawabannya tergantung program apa yang akan dibuat tapi lebih baik jago.

Bagikan artikel

Published inPemrograman

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan

    WhatsApp chat