Bagaimana Cara Saya Belajar Programming?

Reading Time: 2 minutes
Bagaimana cara saya belajar programming
Ngoding

Pada tulisan ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara saya belajar programming. Pembahasan pada tulisan ini lebih mengarah pada sumber saya belajar programming terutama ketika saya sudah mulai bekerja sebagai programmer.

Belajar Melalui Buku

Ada beberapa buku programming yang saya beli. Saya biasanya beli buku di toko buku palasari. Sebelum membeli, saya biasanya melakukan riset dulu menggunakan google agar saya bisa mendapatkan buku yang sesuai dengan kebutuhan saya.

Belajar dari Senior

Jangan dibayangkan bahwa belajar dari senior itu akan seperti guru mengajari murid di sekolah SD. Senior saya juga punya kesibukannya sendiri, tidak mungkin dia melakukan hal itu. Saya belajar dari senior dengan cara mempelajari hasil kodingannya kemudian bertanya jika ada sesuatu yang tidak saya mengerti. Selain itu, saya juga sering melakukan diskusi dengan mereka ketika jam istirahat. Serap sebanyak mungkin ilmu dan pengalaman dari senior kita. Tapi ingat, apapun caranya, jangan sampai mengganggu kesibukan mereka.

Gabung ke Group Programming di Media Sosial

Gunakan media sosial untuk hal-hal yang positif. Salah satunya bergabung dengan grup programming. Ketika bergabung dengan grup, baca peraturan grup tersebut. Ketahui bagaimana cara bertanya di grup dan ketahui hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di grup tersebut. Aktif lah bertanya untuk melakukan diskusi. Ingat, ketika kalian meminta bantuan dari anggota grup, hindari hal-hal berikut.

  1. Jangan bertanya pertanyaan yang sudah pernah ditanyakan anggota lainnya. Sebelum bertanya, cari terlebih dahulu di histori pertanyaan grup.
  2. Jangan meminta orang lain mengerjakan tugas kita tanpa mencoba melakukan usaha terlebih dahulu. Seperti meminta mengerjakan tugas sekolah, kuliah atau bahkan pekerjaan kantor kita. Tunjukan bahwa kita sudah berusaha namun masih belum bisa.

Grup-grup di media sosial yang saya iktui diantaranya adalah :

  1. https://web.facebook.com/groups/vbasic6/
  2. https://web.facebook.com/groups/programmercsharpindonesia/
  3. https://web.facebook.com/groups/sqlserverindonesia/

Ikuti Faspage Programming di Media Sosial

Selain grup programming, kita juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mengikuti faspage programming. Kita bisa mengikuti fanspage programming untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai programming atau tutorial-tutorial programming yang diberikan oleh adminnya. Fanspage yang saya ikuti diantaranya :

  1. https://web.facebook.com/CodeCampSoft/?ref=br_rs
  2. https://web.facebook.com/profile.php?id=541688659324273&ref=br_rs

Gabung Forum-forum Programming Online

Forum online tidak berbeda jauh dengan grup di media sosial, kita bisa bertanya dan melakukan diskusi di dalamnya. Di forum online, kita juga harus mematuhi aturan di forum tersebut. Ada beberapa forum yang saya ikuti, diantaranya :

  1. https://stackoverflow.com/
  2. https://social.msdn.microsoft.com/forums/

Belajar Melalui Website Programming

Ada banyak sekali website programming, mulai dari website resmi suatu bahasa pemrograman sampai website milik programmer yang berbagi ilmu dan pengalaman mereka. Untuk website resmi bahasa C# saya sering berkunjung ke https://docs.microsoft.com/en-us/dotnet/csharp/ , untuk website milik programmer saya tidak ingat, kecuali blog milik teh Rachel dan blog milik mas Agung saya masih ingat :).

Belajar Melalui Youtube

Untuk yang suka belajar melalui video, youtube adalah pilihan yang tepat. Sekarang sudah banyak programmer yang berbagi ilmu mereka melalui channel youtube. Kalau saya, belajar dari youtube adalah pilihan terakhir, saya lebih suka membaca teks.

Ingat, apapun sumber belajar yang kalian suka, tidak masalah, yang penting teruslah belajar. Programmer yang berhenti belajar akan ketinggalan jaman. Oh iya, untuk kalian yang belum tahu bagaimana cara untuk menjadi seorang programmer, kalian bisa baca tulisan saya di sini. Terima kasih, semoga bermanfaat :).

Bagikan artikel

Tinggalkan Balasan

    • Terima kasih om sudah berkunjung. Ayo terus komen yang sering om, nanti bisa jadi suatu saat saya akan buat tulisan tentang om, hahahaha.

      Jauh om vb ke C# mah, C# mah sudah Object Oriented Programming.

  1. Ping-balik: Lowongan Kerja-Programmer PT Jasamedika Saranatama Balikpapan

  2. Ping-balik: Lowongan Kerja-Programmer PT Jasamedika Saranatama-Surakarta

  3. Ping-balik: Buku yang Bagus Untuk Belajar Konsep OOP