C# – Membuat Diagram Batang

Reading Time: 3 minutes

Pada contoh ini, ceritanya kita akan membuat sebuah diagram batang transaksi penjualan di toko peripheral komputer. Data diambil dari database SqlServer. Nama databasenya adalah “TokoMajuTerus”, tabel yang digunakan adalah tabel “barang” untuk menyimpan master barang dan tabel “penjualan” untuk menyimpan data transaksi penjualan.

Untuk contoh ini, tabel barang dan tabel penjualan diisi manual langsung di SqlServer-nya.

Tabel Barang

Tabel Penjualan

Untuk memudahkan pengambilan data, saya membuat sebuah view dengan nama v_penjualan.

Setelah database siap, selanjutnya buat sebuah projek winform dengan nama projek TokoMajuTerusApp. Tambahkan sebuah class dengan nama Connection. Class ini dgunakan untuk melakukan koneksi ke database. Kemudian tambahkan kode berikut.

Pada Form1.cs tambahkan sebuah control chart dari toolbox. Default tipe diagram dari control chart yang ditambahkan adalah diagram batang.

Ubah judul Form1.cs menjadi “Laporan Penjualan”, tambahkan control-control dan sesuaikan properti-propertinya sehingga mirip seperti gambar di bawah.

Tambahkan kode program berikut pada Form1.cs.

Ketika aplikasi dijalankan kemudian tombol “Ok” ditekan, maka tampilan aplikasinya akan seperti berikut.

Pada kode program di atas, saya sudah menyertakan komentar sebagai penjelasannya. Tetapi jika masih ada bagian yang belum faham, silahkan tanyakan di komentar atau hubungi saya melalui WhatsApp.

Referensi : http://csharpexamples.com/c-chart-control-example/

Bagikan artikel

Tinggalkan Balasan