Skip to content

Cara Mengetahui Nilai RGB Suatu Warna Menggunakan Paint

Reading Time: 2 minutes

Cara mengetahui nilai RGB suatu warna bisa dilakukan dengan beberapa cara. Kita bisa menggunakan aplikasi seperti Photoshop, Corel Draw atau aplikasi berbasis web yang bisa kita akses secara online seperti https://imagecolorpicker.com/ . Pada tulisan ini saya akan berbagi cara untuk mengetahui nilai RGB suatu warna yang lebih mudah untuk dilakukan. Kita tidak perlu menginstal Phostoshop atau Corel Draw di komputer kita, atau menggunakan aplikasi online yang tentunya memerlukan akses internet.

Untuk mengetahui nilai RGB suatu warna, kita bisa menggunakan Paint. Aplikasi ini biasanya otomatis terpasang kalau kita memasang sistem operasi Windows di komputer kita. Jadi tidak usah repot untuk memasangnya lagi. Dari segi penggunaan, aplikasi ini juga jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan Photoshop dan Corel Draw.

Langkah-langkah untuk Mengetahui Nilai RGB Menggunakan Paint

Pertama. Cari target warna yang akan diketahui nilai RGBnya. Pada tulisan ini, ceritanya Saya ingin mengetahui nilai RGB dari warna footer blog milik Saya.

Kedua. Tekan tombol PrtSc(Print Screen) di keyboard.

Ketiga. Buka Paint. Kemudian tekan tombol Ctrl dan V secara bersamaan atau bisa dengan cara melakukan klik kanan di bagian canvas Paint. Kemudian pilih Paste.

Keempat. Pada menu Tools Paint. Klik pada tool Color Picker.

Kelima. Klik pada warna yang ingin diketahui nilai RGBnya.

Keenam. Klik pada menu Edit Colors. Akan muncul window Edit Colors.

Ketujuh. Di window Edit Colors, kalian bisa melihat nilai RGBnya. Nilai untuk Red->40, Green->44 dan Blue->47.

Cara Mengetahui Nilai RGB Suatu Warna Menggunakan Paint

Cara ini sempat saya gunakan ketika mengerjakan pembuatan website pusat karir milik kampus saya beberapa hari yang lalu. Ketika itu saya ingin menyamakan warna footer milik kampus saya dengan warna footer milik blog saya. Saya menggunakan plugin elementor untuk mendesain footernya. Saya membutuhkan nilai RGB warna footer saya untuk dimasukkan ke setingan RGB warna footer website kampus saya.

Catatan : RGB adalah kependekkan dari Red, Green dan Blue. Definisi RGB menurut whatis.techtarget.com adalah sebuah sistem untuk merepresentasikan warna-warna yang digunakan pada sebuah display komputer.

Bagikan artikel

Published inPemrograman

4 Comments

  1. OM OM

    Nah klo ini bsa dicoba kang bro ๐Ÿ˜ hohoho

    • admin admin

      Sok cobaan om

  2. Wah ilmu baru, baru tau di paint bisa cek RGB. Biasanya langsung buka Photoshop untuk cek RGB dari suatu warna. Terimakasih pak

    • admin admin

      Seperti biasa, komentar mu selalu berkualitas nak.

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat