Skip to content

Cara Menggunakan Alat-alat Debugging di Visual Studio

Reading Time: 3 minutes
Cara Menggunakan Alat Debugging di Visual Studio
Photo by Sebastian Herrmann on Unsplash

Debugging adalah kegiatan untuk mencari penyebab masalah pada suatu program. Dalam kegiatan debugging, ada tiga kemampuan yang harus dimiliki. Pertama, kemampuan menganalisa data. Kedua, kemampuan menganalisa kode sumber. Ketiga, kemampuan menggunakan alat(tool) debugging. Untuk kemampuan menganalisa data dan menganalisa kode sumber, saya pernah menuliskannya di sini. Untuk penggunaan alat debugging akan saya bahas sekarang. Seperti biasa, untuk contoh kode sumbernya saya menggunakan bahasa C# dan programnya berbasis console.

Alat debugging di visual studio yang akan saya bahas di sini, saya batasi pada Breakpoint, F11(Step Into), F10(Step Over) dan Shift + F11(Step Out). Untuk alat debugging lainnya akan saya bahas pada tulisan-tulisan saya selanjutnya.

Keempat alat debugging ini berguna untuk bisa melihat bagaimana kode sumber dieksekusi baris demi baris. Dengan melihat bagaimana kode sumber dieksekusi baris demi baris, kita akan jauh lebih mudah menemukan permasalahan pada program kita.

Dalam tulisan ini saya hanya akan menjelaskan cara penggunaan alat-alat debugging. Saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara mencari bug menggunakan alat-alat ini. Saya tidak akan membuat contoh program yang ada bugnya, kemudian saya menunjukkan bagaimana cara mencari bug tersebut menggunakan alat-alat ini. Saya rasa itu perlu tulisan terpisah untuk menjelaskannya. Tujuan dari tulisan ini adalah agar teman-teman tahu dan faham bagaimana menggunakan alat-alat ini.

Kode Sumber Untuk Uji Coba

Alat-alat Debugging di Visual Studio

Breakpoint

Breakpoint digunakan untuk menghentikan sementara eksekusi kode sumber pada baris yang sudah kita pasang breakpoint. Untuk menggunakan breakpoint kita bisa melakukan cara berikut.

Klik kiri pada bagian yang berwarna abu, sejajar dengan baris kode dimana eksekusi kode ingin kita hentikan.

Atau dengan cara melakukan klik kanan pada baris dimana eksekusi kode ingin kita hentikan. Pilih Breakpoint->Insert BreakPoint.

Jika berhasil, maka baris kode yang dipilih akan diberi blok warna merah seperti berikut.

Coba jalankan programnya, nanti eksekusi program akan berhenti di baris yang sudah diberi breakpoint. Baris tersebut akan diberi tanda dengan blok berwarna kuning.

F11(Step Into)

F11 digunakan untuk mengeksekusi kode baris demi baris. Ketika eksekusi masuk pada baris pemanggilan suatu metode, kemudian kita tekan F11, eksekusi akan masuk ke dalam baris kode metode.

F10(Step Over)

F10 digunakan untuk mengeksekusi kode baris demi baris. Ketika eksekusi masuk pada baris pemanggilan suatu metode, kemudian kita tekan F10, eksekusi tidak akan masuk ke dalam baris kode metode. Eksekusi seluruh baris kode metode tetap dilakukan, hanya saja tidak diperlihatkan pada kita.

Shift + F11(Step Out)

Shift + F11 digunakan untuk mengeksekusi keseluruhan metode ketika eksekusi berada di dalam metode. Jadi kita tidak perlu mengeksekusi baris demi baris. Setelah Shift + F11 dipanggil, penanda eksekusi akan kembali ke baris dimana metode tersebut dipanggil untuk melanjutkan eksekusi ke baris berikutnya.

Untuk mencoba F10, F11 dan Shift + F11 kalian bisa melakukan breakpoint dulu pada baris kode dimana eksekusi ingin dihentikan. Kemudian jalankan aplikasi dengan melakukan klik pada tombol start. Khusus untuk F10 dan F11 kalian bisa mencobanya langsung tanpa harus menggunakan breakpoint dan klik Start aplikasi terlebih dahulu.

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan hubungi saya melalui WhatsApp atau di komentar. Jangan lupa juga baca-baca tulisan saya yang lainnya mengenai visual studio di sini.

Bagikan artikel

Published inVisual Studio

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan

    WhatsApp chat