Skip to content

Cara untuk Menjadi Seorang Programmer

Reading Time: 3 minutes
Ilustrasi Seorang Programmer-Cara Untuk Menjadi Seorang Programmer
Ilustrasi Seorang Programmer

Programmer adalah seseorang yang mampu membuat perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman. Untuk menjadi seorang programmer, seseorang harus memiliki hal-hal berikut.

Hal yang Diperlukan untuk Menjadi Seorang Programmer

Niat. Kita masuk ke dunia programming harus dengan keinginan kita, jangan sampai kita merasa dipaksa atau terpaksa masuk ke dunia programming. Ini penting supaya kita bisa menikmati asyiknya ngoding.

Sifat Pantang Menyerah. Masalah adalah sesuatu yang akan terus dihadapi oleh seorang programmer. Mencari bug, membetulkan bug dan mencari solusi permasalahan aplikasi adalah masalah yang akan dihadapi setiap hari oleh programmer. Bahkan ketika di kamar mandi atau tidurpun masalah itu akan tetap muncul di pikiran seorang programmer jika belum bisa diselesaikan. Tanpa sifat pantang menyerah sangat sulit untuk bisa jadi programmer.

Mau Terus Belajar. Seorang programmer diharuskan untuk terus menambah pengetahuan dan kemampuannya setiap hari karena setiap hari terus muncul teknologi baru. Jika tidak, maka akan ketinggalan.

Logika Yang Bagus. Programmer memerlukan kemampuan logika yang bagus untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.

Setelah seseorang memenuhi syarat untuk menjadi programmer langkah berikutnya adalah belajar programming

Ada Dua Jalur untuk Belajar Programming

Jalur Pendidikan. Jalur ini meliputi tempat kursus programming baik online maupun offline, sekolah dan perguruan tinggi. Kita akan diajari programming oleh orang-orang yang sudah ahli dan berpengalaman. Kalau lulus dari tempat ini kita bisa mendapatkan ijazah atau sertifikat.

Belajar Sendiri. Jaman sekarang sangat mudah sekali untuk mempelajari sesuatu, termasuk mempelajari programming. Semuanya ada di internet, hanya bermodalkan komputer dan koneksi internet kita sudah bisa belajar programming sendiri. Kita bisa mengakses website ataupun video youtube untuk belajar.

Apa yang Harus Dipelajari?

Algoritma. Berdasarkan definisi dari study.com, algoritma adalah urutan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh komputer untuk menyelesaikan suatu masalah atau untuk mencapai suatu tujuan. Misal, kita akan membuat program yang memerintahkan komputer agar bisa mengurutkan angka dari yang terkecil ke yang terbesar. Sepuluh angka acak diinput oleh user ke aplikasi dan komputer harus bisa mengurutkannya. Maka kita harus bisa membuat urutan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh komputer untuk bisa mengurutkan angka tersebut. Sebenarnya, urutan langkah-langkah tersebut sudah ada di otak kita. Tapi karena sangat canggih dan cepatnya otak kita, kita tidak menyadari sudah menggunakan algoritma. Sebagai bukti, coba kalian buat sepuluh potongan kertas kemudian beri nomor masing-masing. Lalu acak-acak kertas tersebut, kemudian urutkan kertas tersebut dari yang memiliki nomor terkecil ke nomor yang terbesar dari kiri ke kanan. Kalian pasti bisa melakukannya dengan mudah. Masalahnya sekarang adalah bagaimana kita bisa menuliskan langkah-langkah yang ada di dalam kepala kita dalam bentuk tulisan.

Bahasa Pemrograman. Setelah kita membuat algoritma, selanjutnya kita harus menuliskan algoritma tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer sehingga komputer bisa memahami perintah kita. Bahasa yang dimengerti oleh komputer disebut bahasa pemgrograman. Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa kalian pelajari seperti C#, Java dan Pyton. Kalian bisa memilih yang cocok dengan kalian, untuk memilihnya kalian bisa melakukan riset. Misal cari di google, bahasa pemrograman paling populer tahun 2019, bahasa pemrograman yang cocok untuk pemula dan bahasa pemrograman yang paling banyak dipakai di industri. Pilih salah satu, pelajari dasar-dasarnya dan gabung ke forum-forum dan grup-grup pemrograman tersebut. Berlatih setiap hari dengan membuat program sederhana, buat algoritmanya kemudian buat kodingannya. Jika ada kesulitan, kalian bisa mencari solusinya di google, forum, grup atau bertanya pada orang yang sudah ahli.

Bagi saya, ketika kita sudah bisa memberi perintah pada komputer untuk melakukan sesuatu, kita sudah bisa disebut programmer walaupun perintah itu adalah perintah yang sangat sederhana. Tanpa memandang dia belajar melalui jalur pendidikan atau belajar sendiri.

Bagikan artikel

Published inPemrograman

One Comment

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat