Skip to content

Command Line Argument di Bahasa C#

Reading Time: 3 minutes

Ketika kalian membuat sebuah projek console menggunakan visual studio, pernahkah kalian merasa penasaran dengan parameter yang ada di metode Main()?. Atau kalian tidak peduli sama sekali?. Pernah dengar command line argument?

Metode Main() adalah titik awal ketika program dijalankan. Sebelum masuk ke metode Main() kita bisa memasukkan argumen ke dalam metode ini. Sebelum menjelaskan bagaimana caranya, perhatikan dulu kode sumber berikut ini.

Ketika dijalankan, program akan melakukan pencetakkan nilai yang ada di dalam array args.

Berikut adalah cara untuk memasukkan argumen ke dalam metode Main().

Menyetel Command Line Argument di Visual Studio

Klik menu Project. Pilih <Nama Projek> Properties di paling bawah.

Klik pada menu Debug

Pada isian Command line arguments isi argumennya. Ingat, Parameter di metode Main() adalah array string, jika elemen yang akan kita masukkan lebih dari 1, pisahkan dengan spasi. Perhatikan contoh berikut.

Berdasarkan contoh di atas, berarti saya memasukkan 2 elemen, yaitu Dadang dan Asep ke dalam parameter args[] di metode Main().

Berikut adalah tampilan ketika program dijalankan.

Memasukkan Command Line Argument Ketika Menjalankan Program Menggunakan Console

Buka Command Prompt kemudian masuk ke direktori dimana file executable berada. Untuk contoh sekarang kita gunakan dulu file executable yang ada di folder debug. Jika kalian belum tahu perbedaan file executable di folder debug dan file executable di folder release, kalian bisa mempelajarinya di tulisan saya di sini.

Ketik nama projek aplikasi kalian(nama file executable) diikuti argumen yang akan dimasukkan. Perhatikan contoh berikut.

Kemudian tekan Enter

Catatan. Tipe parameter di metode Main() tidak bisa dirubah. Tipenya harus string[]. Untuk nama parameternya “args” baru bisa dirubah. Misal nama parameternya jadi seperti berikut.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan di komentar atau hubungi saya melalui WhatsApp. Jangan lupa juga baca tulisan-tulisan saya yang lainnya tentang visual studio di sini dan tulisan-tulisan saya tentang pemrograman di sini. Terima kasih semoga bermanfaat.

Bagikan artikel

Published inVisual Studio

2 Comments

  1. OM OM

    Smngt terus kang bro nulisx ๐Ÿ˜

    • admin admin

      Wah kenapa baru komentar sekarang om? Lama sekali.

      Siap om, nuhun.

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat