Skip to content

Deserialize JSon ke Objek

Reading Time: 2 minutes

Deserialize JSon ke objek adalah proses mengubah JSon ke dalam bentuk objek. Untuk melakukan deserialize JSon saya biasanya menggunakan Newtonsoft.Json. Untuk bisa menggunakannya kalian harus menambahkannya pada package projek kalian. Salah satu cara untuk menambahkannya adalah dengan menggunakan Nuget Package Manager di Visual Studio.

Pilih menu Project->Manage Nuget Packages. Klik tab Browse, kemudian gunakan kotak pencarian untuk mencari Newtonsoft.Json. Setelah Newtonsoft.Json ditemukan, klik pada Newtonsoft.Json tersebut, kemudian klik install di bagian kanan untuk melakukan instalasi.

Contoh Cara Melakukan Deserialize JSon ke Objek Menggunakan Newtonsoft.JSon

Buat sebuah projek dengan nama DeserializeJSonToObjek. Tambahkan sebuah kelas dengan nama Pegawai. Kelas ini digunakan untuk menciptakan sebuah objek yang bisa menampung data dari JSon. Properti-properti pada kelas ini disesuaikan dengan struktur JSon yang akan ditampung datanya. Pada tulisan ini saya akan mencoba untuk melakukan deserialize JSon yang di dalamnya berisi data Pegawai, yang berisi nama dan alamat Pegawai.

Masukan kodingan berikut di metode Main() di kelas Program.

Ketika dijalankan, aplikasi akan mencetak semua data yang ada di dalam JSon.

Pada contoh di atas, JSon yang dideserialize berasal dari sebuah variabel. Dalam programming yang sebenarnya, hal seperti itu jarang terjadi. Kebanyakan JSon yang dideserialize berasal dari suatu web service. Tetapi caranya tetap sama seperti itu. Pada tulisan sebelumnya saya membahas mengenai cara untuk melakukan generate kelas dari sebuah JSon. Cara tersebut sangat berguna jika kita ingin membuat sebuah kelas untuk menampung data dari JSon ketika proses deserialize. Jadi, dengan cara yang saya tulis di tulisan sebelumnya, kita tidak perlu membuat kelas Pegawai beserta properti-propertinya secara manual(diketik). Pada contoh ini kelas yang dibuat masih sangat sederhana, dalam programming yang sebenarnya kelas yang digunakan akan jauh lebih banyak properti-propertinya. Jadi cara yang saya tulis di tulisan sebelumnya pasti sangat membantu ketika kita melakukan deserialize. Silahkan baca tulisan saya di sini jika kalian ingin mengetahui caranya.

Published inPemrograman

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan

    WhatsApp chat