Skip to content

Kelas Generik

Reading Time: 2 minutes

Pada tulisan sebelumnya saya menjelaskan mengenai konsep dasar metode generik. Penggunaan metode generik sering berbarengan dengan penggunaan kelas generik. Metode generik adalah metode yang tipe balikan atau tipe parameternya ditentukan saat pemanggilan metode tersebut. Kelas generik adalah kelas yang bisa digunakan sebagai perantara untuk menentukan tipe data dari anggota kelas generik seperti variabel dan metode generik(tipe balikan dan parameter).

Seperti pada tulisan saya mengenai metode generik, pada tulisan kelas generik ini, saya hanya akan menjelaskan konsep dasarnya saja. Untuk keuntungan menggunakan kelas generik akan saya jelaskan pada tulisan yang terpisah karena membutuhkan pembahasan yang lebih detail dan mendalam.

Membuat Kelas Generik

Perhatikan contoh kelas generik berikut.

Membuat Objek Kelas Generik

Ketika membuat objek dari kelas generik, kita harus menyertakan tipe data di dalam kurung siku. Jumlah tipe data yang dimasukkan harus sesuai dengan jumlah tipe data di dalam kurung siku kelas generik. Urutan tipe data yang dimasukkan pada saat pemanggilan bersesuaian dengan urutan huruf di dalam kurung siku di kelas generik.

Pada saat aplikasi dijalankan dan masuk ke kodingan pemanggilan kelas generik, masing-masing tipe data akan diwakilkan ke huruf-huruf di dalam kurung siku di kelas generik. Variabel generik dan metode generik yang menggunakan tipe data menggunakan huruf-huruf tersebut akan diseting tipe datanya menggunakan tipe data yang diwakili oleh huruf tersebut. Kalau digambarkan setelah pemanggilan, maka kelas generik kodingannya akan seperti berikut.

Untuk variabel dan metode generik yang berada di dalam kelas generik, cara menentukan tipe datanya harus melalui kelas generik. Untuk metode generik yang berada di dalam kelas yang bukan merupakan kelas generik, cara menentukan tipe datanya adalah seperti yang sudah saya sampaikan pada tulisan saya sebelumnya di sini.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan di komen atau hubungi saya melalui WhatsApp. Baca juga tulisan-tulisan saya yang lainnya tentang pemrograman di sini. Terima kasih, semoga tulisan saya bisa bermanfaat.

Bagikan artikel

Published inPemrograman

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan

    WhatsApp chat