Kenapa Memilih C#(C Sharp)?

Reading Time: 2 minutes

Pengalaman Saya Menggunakan Berbagai Bahasa Pemrograman

Sebelum menjelaskan alasan kenapa saya memilih C#. Saya akan menjelaskan dulu pengalaman saya menggunakan berbagai bahasa pemrograman.

Ketika SMK, saya mulai belajar ngoding menggunakan bahasa C dan Visual Basic 6(VB6). Kemudian lanjut belajar menggunakan VB .Net dan Java. Untuk C saya tidak terlalu suka, karena antar mukanya yang menggunakan command prompt. Untuk VB. Net dan Java, dulu kesannya jauh lebih rumit dari VB6. Mungkin karena masih belum faham Object Oriented Programmingnya walaupun sudah belajar dari buku juga. Hahaha. Oleh karena itu, ketika SMK lebih suka menggunakan VB6.

Ketika kuliah, saya bertemu lagi dengan materi OOP di kelas. Selain belajar dari dosen di kelas, saya juga belajar sendiri menggunakan buku yang berjudul “esensi-esensi bahasa pemrograman JAVA” yang saya beli ketika SMK. Saya sudah melakukan review buku ini di sini. Dari semester pertama sampai akan lulus kuliah, saya ngoding hanya menggunakan bahasa Java. Ketika akan lulus, saya dikenalkan pada bahasa C# oleh teman kuliah saya. Ketika saya mencobanya, saya merasa tidak jauh beda dengan Java dan terasa lebih sederhana.

Ketika bekerja, perusahaan tempat saya bekerja menggunakan VB6 untuk membuat produk SIMRSnya. Dalam perkembangannya, perusahaan tempat saya bekerja mengembangkan produknya menggunakan bahasa PHP dan C#. Untuk bahasa C#, saya akhirnya bisa ngoding menggunakan bahasa C# di kantor saya pada awal-awal tahun ini. Tetapi, untuk projek-projek pribadi, semenjak bekerja, saya sudah ngoding menggunakan C#.

Kenapa Saya Memilih C#

Dari pengalaman saya menggunakan berbagai bahasa pemrograman, saya merasa C# jauh lebih sederhana jika dibandingkan bahasa-bahasa yang pernah saya gunakan. Karena kesederhanaanya itu, saya lebih mudah mempelajarinya. Yang paling saya suka ketika ngoding menggunakan C# adalah editornya. Saya menggunakan Visual Studio untuk editornya. Jika dibandingkan dengan editor-editor lain, Visual Studio sangat memanjakan saya. Terutama jika dibandingkan dengan editor ketika saya ngoding PHP, menurut saya sangat ribet. Fitur-fitur di visual studio sangat lengkap, antar mukanya sangat membuat saya nyaman dan penggunaannya pun tidak ribet. Menurut saya, ini adalah editor terbaik di muka bumi ini. Hahaha.

Bahasa C# juga adalah bahasa yang full OOP, beda dengan VB .Net dan PHP. Kalau meminjam kata-kata senior saya, vb .Net dan PHP itu bahasa “Banci”, karena bisa juga dikoding bukan secara OOP. Hahaha, untuk pengguna VB .Net dan PHP, jangan tersinggung ya :).

Jadi, alasan saya kenapa memilih C# adalah Full OOP, sederhana, mudah dipelajari dan editornya bisa menggunakan Visual Studio.

Bagikan artikel

Tinggalkan Balasan