Language-Integrated Query (LINQ) pada Bahasa C#

Reading Time: 1 minute

LINQ adalah salah satu fitur di C# yang membuat saya jatuh cinta dengan bahasa pemrograman ini. LINQ digunakan untuk menyeragamkan cara pengaksesan data. Dengan menggunakan LINQ, apapun sumber datanya, data bisa diakses menggunakan cara yang sama. Beberapa sumber data yang bisa diakses menggunakan LINQ contohnya Array, List, XML dan database.

Untuk yang sudah terbiasa menggunakan SQL, penggunaan LINQ hampir mirip dengan sintax SQL. Perbedaannya, urutan sintax SQL adalah Select->From->Where sedangkan LINQ urutannya From->Where->Select. Kodingan dibawah ini adalah contoh bagaimana cara mengakses data dari list menggunakan LINQ. Sebuah list dengan elemen bertipe integer yang berisi angka acak dari 0 sampai 9 akan diakses menggunakan LINQ, dengan kondisi, angka yang diakses adalah angka yang kurang dari 8 dan sebelum ditampilkan, angka harus sudah terurut secara descending.

Kodingan diatas sangat tidak cukup untuk menunjukkan keistimewaan LINQ, tapi minimal sekarang kita tahu apa itu LINQ dan tahu sedikit keistimewaan menggunakan LINQ. Untuk informasi lebih lanjut mengenai LINQ silahkan berkunjung kesini.

Bagikan artikel

Tinggalkan Balasan