Memainkan File Suara Menggunakan C#

Reading Time: 4 minutes
Memainkan File Suara Menggunakan C#
Photo by CoWomen on Unsplash

Dalam tulisan ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat aplikasi piano sederhana. Dalam form akan ada 8 tombol yang mewakili 8 tangga nada. Ketika tombol diklik file suara akan dimainkan. Untuk memainkan file suara menggunakan C#, kita bisa menggunakan kelas SoundPlayer. Untuk informasi lebih detil, teman-teman bisa mengunjungi website dokumentasi resminya di sini. Untuk file suaranya, kalian bisa unduh di sini. File suara ini bukan buatan saya. Itu buatan orang lain, tapi free untuk digunakan kata pemiliknya.

Buat sebuah projek winform, beri nama PlaySoundApp. Tambahkan sebuah Resource File. Caranya klik kanan di Projek PlaySoundApp yang tadi dibuat. Pilih Add, kemudian pilih New Item.

Akan muncul window Add New Item. Pilih General, kemudian pilih Resource File. Beri nama Sounds. Klik tombol Add.

Akan muncul window Sounds.resx. Pada pojok kirim window, klik pada panah bawah kecil. Pilih Audio. Kemudian klik Add Resource. Cari lokasi file suara yang tadi diunduh. Setelah ketemu, pilih semua filenya terus klik Open.

Akan muncul sebuah folder Resource di dalam projek kita.

Pilih semua file di dalam folder Resource. Caranya dengan menekan tombol “Shift” di keyboard pada file yang paling atas, kemudian sambil tetap menekan tombol “Shift” klik pada file yang paling bawah.

Pada bagian properties, di properti Copy to Output Directory ubah valuenya menjadi “Copy always“. Ini bertujuan agar file-file suara ini akan ikut terkopi ketika dilakukan Build aplikasi.

Buat form, desain sampai menjadi seperti berikut.

Saya menggunakan kontainer FlowLayoutPanel untuk menampung tombol-tombol di atas. Ubah properti name masing-masing tombol, dari kiri ke kanan properti namenya adalah btnDo, btnRe, btnMi, btnFa, btnSol, btnLa, btnSi, btnDo2.

Kode Sumber Memainkan File Suara Menggunakan C#

Masukan kode sumber berikut.

Kode sumbernya menurut saya tidak rumit dan saya juga sudah menyertakan penjelasan di masing-masing baris kode. Seharusnya teman-teman bisa memahaminya dengan mudah. Tetapi, bila memang masih ada kesulitan, teman-teman bisa menghubungi saya melalui komentar di bawah, atau hubungi saya melalui WhatsApp.

Saya pernah membuat tulisan yang mirip dengan bahasan dalam tulisan yang sekarang. Bedanya, aplikasi yang saya buat dalam tulisan itu menggunakan komponen Window Media Player. Jadi di formnya itu akan muncul Window Media Player seperti yang sering kaliah lihat ketika memainkan musik atau video di Windows. Kalian bisa membaca tulisannya di sini.

Jangan lupa juga untuk membaca tulisan-tulisan saya yang lainnya tentang programming di sini.Terima kasih semoga bermanfaat..

Bagikan artikel

Tinggalkan Balasan