Membuat Aplikasi Speech to Text untuk Mengendalikan Komputer

Reading Time: 2 minutes
Membuat Aplikasi Speech to Text untuk Mengendalikan Komputer
Photo by CoWomen on Unsplash

Dalam tulisan ini saya akan membagikan dan menjelaskan kode sumber untuk membuat aplikasi yang bisa mengendalikan komputer hanya dengan menggunakan suara. Tulisan ini merupakan pengembangan dari dua tulisan saya sebelumnya. Tulisan pertama membahas cara membuat aplikasi speech to text yang saya tulis di sini. Class utama yang digunakan adalah class SpeechRecognitionEngine. Tulisan kedua membahas cara membuat aplikasi yang bisa menjalankan aplikasi lain menggunakan kode C# yang saya tulis di sini. Class utama yang digunakan adalah class Process. Aplikasi yang dijalankan adalah aplikasi notepad dan microsoft office word. Sebelum membaca tulisan ini sebaiknya teman-teman membaca kedua tulisan tersebut.

Aplikasi yang sekarang akan dibuat adalah aplikasi yang bisa memanggil kemudian menjalankan aplikasi notepad menggunakan suara. Aplikasi ini kedepannya bisa teman-teman kembangkan menjadi aplikasi yang lebih keren lagi. Seperti mengendalikan kursor mouse menggunakan suara, mematikan komputer menggunakan suara, dan lain sebagainya.

Pertama inputan suara dari pengguna dibaca oleh aplikasi, kemudian inputan suara tersebut dirubah menjadi teks. Setelah menjadi teks kemudian dicek apakah teks tersebut adalah kalimat “Open Notepad” atau bukan. Jika ya, maka aplikasi akan memanggil dan menjalankan aplikasi Notepad.

Untuk penjelasan masing-masing baris kode, sudah saya tulis di kode sumbernya pada masing-masing baris. Jika kalian sudah membaca tulisan saya yang di sini dan di sini, maka kalian akan lebih mudah untuk memahaminya.

Kode Sumber Membuat Aplikasi Speech to Text untuk Menjalankan Aplikasi Notepad

Coba jalankan aplikasi, setelah console muncul, coba ucapkan kalimat “Open Notepad”. Jika kalian benar mengucapkannya, maka aplikasi notepad akan dipanggil dan dijalankan oleh aplikasi.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau ada kesulitan, silahkan ditanyakan di komentar atau hubungi saya melalui WhatsApp. Jangan lupa juga untuk membaca tulisan-tulisan programming saya di sini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Bagikan artikel

Tinggalkan Balasan