Membuat Aplikasi Text to Speech Menggunakan C#

Reading Time: 4 minutes
Membuat Aplikasi Text to Speech Menggunakan C#
Photo by Arthur Miranda on Unsplash

Membuat aplikasi text to speech(Mengubah tulisan menjadi suara) saat ini tidaklah sulit. Dot Net Framework sekarang sudah dilengkapi dengan librari System.Speech.dll. Dengan menggunakan librari ini kita bisa membuat aplikasi text to speech hanya dengan beberapa baris kode saja.

Kode Sumber Aplikasi Text to Speech

Buat sebuah project, beri nama TextToSpeechApp. Masukan kode berikut.

Jika setelah kopi paste kode sumber diatas kalian mengalami error seperti dibawah ini.

Kalian harus menambahkan reference System.Speech ke projectnya. Cara yang paling mudah untuk menambahkannya adalah dengan cara menempatkan kursor mouse diatas tulisan yang berwarna merah. Nanti akan muncul gambar balon kecil. Klik pada bagian panah. Pilih using System.Speech.Synthesis; (from System.Speech)

Coba jalankan aplikasinya. Nanti setelah dijalankan, akan muncul console, kemudian akan terdengar suara bule membaca kalimat “This example demonstrates a basic use of Speech Synthesizer”.

Kodingan untuk Mendapatkan Suara yang Terpasang di Komputer

Untuk mengganti suara orang yang membaca, kalian bisa mengubahnya pada method SelectVoice. Method ini bisa diisi parameter berupa nama suara yang terpasang di komputer kita. Untuk mengetahui daftar nama suara yang terpasang, kita bisa menggunakan method GetInstalledVoices(). Method ini adalah method yang dimiliki oleh class Synthesizer juga.

Kalian bisa membuat project baru di dalam solution yang sama dengan project TextToSpeechApp atau membuat solution baru. Kalau mau ditempatkan di dalam solution yang sama, jangan lupa untuk melakukan seting “Set as Startup Project” terlebih dahulu untuk menjalankan kode sumber di project ini. Begitu juga setelah menjalankan project ini kemudian ingin menjalankan project TextToSpeechApp, lakukan seting “Set as Startup Project” pada project TextToSpeechApp .

Jika setelah kopi paste kode sumber diatas kalian mengalami error seperti dibawah ini.

Kalian harus menambahkan reference lagi seperti pada kodingan text to speech sebelumnya.

Gambar dibawah ini adalah console hasil running kode sumber diatas. Di komputer saya ada 2 suara yang terpasang. Untuk contoh kodingan text to speech ini, saya memakai suara yang ke 2, yaitu “Microsoft Zyra Dekstop”.

Kode sumber diatas saya kopi paste dari website dokumentasi resmi microsoft. Untuk kode sumber text to speech saya ambil dari sini, kemudian saya modifikasi sedikit dengan menambahkan method synth.SelectVoice(). Untuk kode sumber yang mengambil daftar suara yang terpasang di komputer saya ambil dari sini. Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan, ayo kita diskusi di komentar. Atau, kalian bisa menghubungi saya melalaui WhatsApp.

Do’akan saya agar selalu semangat ngoding dan membagikan kodingan saya di blog ini. Aamiin.

Bagikan artikel

Tinggalkan Balasan

  1. Ping-balik: Membuat Aplikasi Speech to Text Menggunakan C# -