Cara Membuat Click to Chat WhatsApp di WordPress

Reading Time: 2 minutes
Cara Membuat Link WhatsApp di WordPress

Saya baru tahu bagaimana cara membuat click to chat WhatsApp di WordPress sekitar 4 hari yang lalu. Pada tanggal 28 Agustus, Saya mendapat WhatsApp(WA) dari teman saya yang dulu juga kuliah di UNIBBA. Dia bertanya apakah Saya bisa membantunya untuk membuat website?. Pada waktu itu Saya menyetujui untuk membantunya. Kebetulan, pada tanggal 29 dan 30 Saya cuti.

Website yang diminta teman Saya adalah website yang isinya hanya berisi informasi dan dibuat menggunakan WordPress. Karena dibuat menggunakan WordPress, saya tidak terlalu banyak ngoding. Website tersebut bisa Saya selesaikan pada tanggal 30 Agustus sore.

Salah satu fitur pada website tersebut adalah “Click to Chat WhatsApp/Klik untuk Chat WhatsApp”. Ketika pengunjung melakukan klik pada nomor WA website yang tercantum, akan muncul tab baru yang membuka aplikasi WA versi web. Pada aplikasi WA tesebut, pengunjung akan langsung diarahkan untuk mengirim pesan pada nomor WA website.

Cara Membuat Click to Chat WhatsApp

Untuk membuat fitur “Click to Chat WhatsApp/Klik untuk Chat WhatsApp” sangat mudah. Cara yang akan saya berikan adalah cara yang umum, artinya tidak hanya berlaku di WordPress saja. Kalian hanya perlu membuat link dengan format sebagai berikut.

https://wa.me/whatsappphonenumber

Kalian isi ” whatsappphonenumber” dengan nomor WA yang akan dikirim pesan oleh si pengunjung. Nomor WA yang diisikan harus menggunakan format internasional. Sebagai contoh, kalian tidak boleh mengisikan 081221 620081 tapi harus 6281221620081.

Jika ingin menambahkan pre-filled message(teks yang akan muncul otomatis di tempat penginput pesan) pada saat aplikasi chat terbuka, kalian bisa menggunakan format berikut.

https://wa.me/whatsappphonenumber/?text=urlencodedtext

urlencodedtext diisi dengan teks yang akan ditampilkan. Teks tersebut harus sesuai dengan aturan penulisan URL-encodedtext. Kalian tidak bisa menggunakan spasi, sebagai gantinya, kalian bisa menggunakan %20. Untuk enter atau baris baru, kalian bisa menggunakan %OA.

Agar lebih jelas kalian bisa mencoba pada link berikut.

Click to Chat tanpa Teks

Click to Chat dengan Teks

Informasi fitur “Click to Chat” ini saya peroleh dari sini.

Catatan : Ketika pertama kali menggunakan apliasi WA versi web, kalian akan diminta untuk melakukan scan barcode terlebih dahulu.

Bagikan artikel

Tinggalkan Balasan

    • Iya fai, klik aja dulu, nanti bakal muncul tab baru, nanti bakal diminta scan barcode, nah scan barcode pake hp. Itu untuk pertama kali sih, kalau sudah pernah make WA we tidak akan diminta scan lagi.