Membuat File Executable di Visual Studio

Reading Time: 2 minutes

Dalam tulisan ini saya menjelaskan cara membuat file executable di visual studio dan sedikit menjelaskan perbedaan compiling mode debug dan release.

Agar program yang kita buat bisa digunakan di komputer pengguna tanpa menggunakan visual studio. Maka, kode sumber program kita harus dikonversi menjadi suatu file executable. File executable adalah file program yang siap dipakai oleh pengguna.

Dalam contoh ini, saya hanya membuat sebuah contoh kode sumber program yang sangat sederhana. Program hanya menampilkan tulisan “Hello World” di console.

Dalam visual studio, ada dua folder yang digunakan untuk menyimpan file executable, yaitu folder debug dan folder release. Lalu apa perbedaan file executable di dalam masing-masing folder? file executable di folder mana yang harus kita gunakan?.

Perbedaan File Executable di Folder Debug dan Release

File executable di folder debug diperuntukkan untuk keperluan debugging pada saat development. Pada saat compiling, file executable tersebut ditambahkan kode-kode untuk keperluan debugging. Sedangkan file executable di folder release diperuntukkan untuk pengguna aplikasi, pada saat compiling file tersebut tidak ditambahkan kode-kode untuk keperluan debugging. Hal ini lah yang menyebabkan file executable file di folder debug lebih besar daripada file executable di folder release.

Untuk membuat file executable di folder debug, kita harus melakukan compiling menggunakan mode debug. Sedangkan untuk membuat file executable di folder release kita harus melakukan compiling menggunakan mode release.

Dalam tulisan ini saya hanya akan fokus pada bagaimana untuk mengkonversi file kode sumber menjadi suatu file executable yang siap digunakan oleh pengguna.

Langkah-langkah untuk Mengkonversi File Kode Sumber Menjadi Suatu File Executable.

Rubah mode compiling menjadi mode Release.

Klik kanan pada solution untuk mengkonversi semua projek yang berada dalam solution tersebut menjadi suatu file executable. Atau, klik kanan pada projek tertentu saja yang akan dikonversi menjadi suatu file executable. Kemudian pilih Build.

Untuk mengambil file executable, kalian bisa langsung masuk ke folder bin\debug di dalam folder projek yang akan diambil file executablenya. Salah satu caranya adalah dengan klik kanan di projek yang akan diambil file executablenya, kemudian pilih Open Folder in File Explorer.

Akan muncul window yang berisi file-file dan folder-folder di dalam folder projek. Masuk ke folder bin>Release untuk mengambil file executable projek.

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tanyakan di komentar atau hubungi saya melalui WhatsApp. Jangan lupa untuk membaca tulisan-tulisan saya yang lainnya tentang Visual Studio di sini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Bagikan artikel

Tinggalkan Balasan