Membuat Kelas dari String JSON

Reading Time: 2 minutes
Membuat Kelas dari String JSON

Untuk melakukan deserializes data JSON ke objek, kita memerlukan sebuah class untuk menampung data-datanya. Class tersebut harus disesuaikan dengan properti-properti yang ada di string JSON. Ketika pertama kali belajar C#, cara yang saya gunakan adalah dengan membuat class dan mengetik properti-propertinya secara manual. Kemudian saya menemukan cara yang lebih mudah, yaitu menggunakan bantuan sebuah tool online, salah satunya menggunakan tool yang ada di http://json2csharp.com/ . Tool di website ini bisa membuat kelas dari string JSON. Kita tinggal memasukkan contoh string JSON, kemudian klik generate, setelah itu, tool tersebut akan membuatkan kita kelas berdasarkan string JSON yang tadi diinputkan.  

Hari ini, saya menemukan cara yang lebih mudah dari cara kedua yang saya jelaskan di atas. Cara ini saya temukan secara tidak sengaja di https://stackoverflow.com/ ketika saya lupa cara melakukan deserializes data JSON ke sebuah objek. Selain mendapatkan cara melakukan deserializes data JSON saya juga mendapatkan cara yang lebih mudah untuk membuat sebuah kelas dari string JSON.

Ternyata Visual Studio sudah punya fitur untuk membuat sebuah kelas dari string JSON. Misal kita punya sebuah string JSON seperti berikut.

Berikut langkah-langkah untuk Membuat Kelas dari string JSON.

Buat sebuah kelas dengan nama Manusia

Hapus kelas Manusia hasil generate otomatis Visual Studio. Kemudian klik Edit->Paste Special->Paste JSON As Classes.

Otomatis sebuah kelas akan dibuat oleh Visual Studio. Nama kelas yang dihasilkan awalnya akan bernama Rootobject, ubah saja menjadi Manusia.

Pada tulisan ini contoh kelasnya masih sangat sederhana dan kita masih bisa membuatnya secara manual. Tetapi jika properti kelasnya sudah sangat banyak, fitur ini akan sangat membantu sekali. Bahkan jika dibandingkan dengan tool-tool online, fitur di visual studio ini jelas akan menjadi pilihan utama saya. Kita tidak perlu membuka browser dulu dan masuk ke website penyedia tool. Kita juga tidak memerlukan koneksi internet untuk bisa masuk ke website tersebut.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan di komentar atau hubungi saya melalui WhatsApp. Jangan lupa juga untuk membaca tulisan-tulisan saya lainnya mengenai Visual Studio di sini. Terima Kasih.

Bagikan artikel

Tinggalkan Balasan

  1. Ping-balik: Deserialize JSon ke Objek -