Membuat Media Player Menggunakan C#

Reading Time: 3 minutes

Dalam tulisan ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat media player menggunakan C#. Saya menggunakan komponen Windows Media Player untuk komponen utamanya. Untuk dokumentasi resminya, kalian bisa baca di sini. Saya juga menggunakan class OpenFileDialog agar bisa mencari file yang akan dimainkan. Untuk dokumentasi resminya kalian bisa baca di sini. Aplikasi ini berbasis winform bukan WPF. Untuk yang WPF saya belum pernah mencobanya. Mungkin suatu saat saya akan mencobanya dan menuliskannya di sini.

Langkah-langkah Membuat Media Player Menggunakan C#

Buat projek winform baru, beri nama “MediaPlayerApp”. Tambahkan komponen window media player dari ToolBox. Jika komponen tersebut belum ada, tambahkan dulu komponen tersebut ke dalam ToolBox. Caranya, klik kanan pada bagian paling bawah ToolBox kemudian pilih Choose Item.

Akan muncul window Toolbox Items. Klik pada tab COM Components. Centak pada komponen Windows Media Player. Kemudian klik OK.

Tambahkan komponen Windows Media Player ke form. Bisa dengan klik ganda atau dengan melakukan drag and drop kemudian taruh di form. Setelah komponen ada di form, sesuaikan ukurannya.

Tambahkan satu komponen button dari Toolbox. Ubah properties Textnya menjadi “Buka File” dan ubah properties Namenya menjadi btnBukaFile.

Klik ganda pada tombol Buka File. Masukkan kode sumber berikut.

Untuk penjelasan kode sumber, saya sudah menyertakan penjelasan di masing-masing baris kode. Kode sumbernya menurut saya tidak rumit, seharusnya bisa difahami dengan mudah.

Tampilan aplikasi ketika kode sumber dijalankan

Membuat Media Player Menggunakan C#

Klik tombol Buka File. Cari file video atau musik yang ingin dicoba dimainkan. Setelah file media dipilih, komponen media player akan otomatis memainkan file media yang dipilih. Tombol play, stop, next, previous dan lainya, otomatis sudah bisa digunakan. Kita tidak perlu ngoding lagi.

Jika kalian mengalami masalah atau ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk menghubungi saya melalui WhatssApp atau di komentar blog ini. Jangan lupa juga baca tulisan-tulisan saya yang lainnya di sini. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel

Tinggalkan Balasan