Membuat QR Code Menggunakan Bahasa C#

Reading Time: 3 minutes
Membuat QR Code Menggunakan Bahasa C#

Sebenarnya sudah lama ingin belajar cara membuat QR Code, tetapi baru bisa belajar minggu-minggu ini. Itu juga sedikit “terpaksa” karena di kantor saya sedang mengerjakan projek yang mengharuskan saya untuk bisa membuat QR Code. Sudah 2 bulan saya mengerjakan projek SIM Internasional, salah satu fiturnya adalah saya harus bisa membuat QR Code pada form preview SIM Internasional. Banyak sekali ilmu baru yang saya dapat dari proyek ini. Salah satunya cara membuat QR Code ini. Untuk ilmu-ilmu yang lain, saya akan usahakan untuk menuliskannya juga di sini.

Dalam tulisan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat QR Code menggunakan bahasa C# dan pustaka ZXing.

Membuat QrCode Menggunakan Pustaka ZXing

Buat sebuah projek dengan nama QrCodeProject. Kemudian tambahkan pustaka ZXing. Kita bisa menggunakan Nuget Package Manager untuk menambakah pustaka ZXing.

Pilih menu Project->Manage Nuget Packages untuk membuka form Nuget Pacakge Manager. Lihat gambar di bawah.

Pada form Manage NuGet Packages pilih tab Browse. Gunakan kotak pencarian untuk mencari pustaka ZXing. Klik pada pustaka ZXing, kemudian klik tombol instal di sebelah kanan. Ikuti petunjuk dari gambar di bawah.

Pada Form1, tambahkan 2 tombol button, 2 textbox dan 1 PictureBox . Kemudian atur posisi dan ubah propertinya sehingga formnya terlihat seperti berikut.

Klik ganda pada tombol “Create QR Code”. Tambahkan kode berikut.

Klik ganda pada tombol “Decode QR Code”. Tambahkan kode berikut.

Jalankan aplikasi. Masukan kalimat pada textbox “Input Teks”. Kemudian klik tombol “Create QR Code”. Aplikasi akan membuat sebuah QR Code berdasarkan teks yang dimasukkan tadi.

Untuk melakukan decode QR Code, klik tombol “Decode QR Code”. Aplikasi akan melakukan decode QR Code dan hasil decode bisa dilihat pada textbox “Output Teks”.

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tanyakan di komentar atau hubungi saya melalui WhatsApp. Jangan lupa juga untuk membaca tulisan-tulisan saya yang lainnya tentang pemrograman di sini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Catatan : referensi saya belajar menggunakan pustaka XZing->https://www.codeproject.com/Articles/1005081/Basic-with-QR-Code-using-Zxing-Library

Bagikan artikel

Tinggalkan Balasan