Skip to content

Mengatasi Console Tidak Muncul Ketika Menjalankan Aplikasi di Visual Studio

Reading Time: 3 minutes

Pada awalnya saya tidak merencanakan untuk membuat tulisan ini. Awalnya saya mau membuat tulisan tentang bagaimana cara melakukan koneksi menggunakan bahasa C# ke database SQL Server kemudian menampilkan data dari table ke console. Tapi ketika mau memulai membuat contoh program saya menghadapi masalah, yaitu console yang yang saya harapkan muncul ternyata tidak muncul. Akhirnya setelah browsing di internet saya menemukan solusinya, tapi solusi itu saya temukan di situs yang berbahasa inggris, kalau di situs berbahasa Indonesia sepertinya belum ada, kemudian saya berpikir bagaimana kalau saya buat saja tutorial untuk mengatasi masalah ini dengan bahasa indonesia, siapa tahu ada orang Indonesia lain yang mungkin nanti akan menghadapi masalah yang sama tetapi malas membaca tutorial bahasa inggris atau kurang bisa memahami bahasa Inggris. Berikut tutorial bagaimana mengatasi console tidak muncul ketika menjalankan aplikasi di visual studio.

Pertama, saya tunjukan dulu langkah-langkah untuk membuat aplikasi yang saya buat.

Buat project console baru

Mengatasi console tidak muncul ketika menjalankan aplikasi di visual studio

Masukan kode berikut pada file Program.cs

Pada variabel connectionString, sesuaikan Data Source(Nama Server) dan Initial Catalog(Nama Database) dengan milik kalian. Kemudian pada bagian queryString sesuaikan juga dengan tabel di database kalian. Kode ini saya ambil dari sini, kemudian saya rubah sesuai setingan milik saya.

Coba lakukan start aplikasi

Nah, disinilah masalah yang saya hadapi muncul. Console yang saya harapkan muncul malah tidak muncul.

Solusi

Buka project properties milik kalian. Caranya, klik Menu Project>”Nama Project Kalian” Properties

Di visual studio milik saya, awalnya setingannya seperti ini

Untuk mengatasi masalah console yang tidak muncul, ternyata sederhana. Kalian harus menyesuaikan versi window milik kalian dengan setingan project propertiesnya. Untuk melihat versi windows, kalian bisa melihatnya di DirectX Diagnostic Tool, caranya tekan tombol logo windows dan tombol huruf R secara bersamaan, nanti akan muncul  form Run di pojok kiri bawah, pada bagian “Open:” ketikan “dxdiag” nanti akan muncul form DirectX Diagnostic Tool, versi windows bisa dilihat pada tab System pada keterangan Operating System.

Kembali ke form project properties. Karena versi windows saya adalah windows 64-bit. Maka saya merubah pada bagian platform target menjadi x64. Sehingga setingannya akan menjadi seperti berikut.

Sekarang, coba lakukan start aplikasi lagi. Seharusnya sekarang console akan muncul. Di visual studio punya saya tampilannya seperti berikut.

Jika console masih tetap tidak muncul, silahkan hubungi saya menggunakan aplikasi chat yang ada di pojok kiri bawah atau melalui kolom komentar. Siapa tahu saya bisa membantu. Semoga tutorial “Mengatasi console tidak muncul ketika menjalankan aplikasi di visual studio” ini bisa bermanfaat. Terimakasih.

Bagikan artikel

Published inVisual Studio

4 Comments

  1. Agustina mz Agustina mz

    Maaf mas, kebetulan console saya juga seperti itu, saya sudah mengikuti tutorial diatas. Tp kok masih gabisa ya mas? Apa ada problem sama laptopnya kah?

    • admin admin

      Muncul error atau bagaimana? Coba screenshot

    • admin admin

      Coba kontak saya melalui WA supaya lebih jelas

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat