Menjalankan Aplikasi Lain dari Dalam Kode Sumber C#(C Sharp)

Reading Time: 2 minutes

Dalam tulisan ini saya akan berbagi kodingan bagaimana caranya untuk menjalankan aplikasi lain dari dalam kode sumber C#. Aplikasinya masih berupa aplikasi console, sama seperti contoh-contoh aplikasi sebelumnya. nanti akan dua pilihan menu, yaitu menu “Notepad” dan menu “Microsoft Word”. Ketika pengguna memasukkan pilihannya, aplikasi akan menjalankan aplikasi yang dipilih pengguna. Untuk menutup aplikasi, pengguna tinggal memilih menu yang sama. Misal, pengguna memilih menu 1, maka aplikasi akan menjalankan aplikasi notepad. Untuk menutupnya, pengguna tinggal memilih menu 1 lagi.

Aplikasi ini menggunakan class process. Berdasarkan penjelasan dari website resmi dokumentasi .Net Framework, Class process adalah class yang menyedikan akses ke proses lokal dan proses remote. Class ini bisa digunakan untuk menjalankan dan menghentikan proses sistem lokal.

Kodingan

Buat project console, beri nama RunOtherApplicationApp. Masukan kodingan berikut.

Tampilan aplikasi ketika dijalankan.

Menjalankan Aplikasi Lain dari Dalam Kode Sumber C#

Untuk penjelasan detil kodingan, saya sudah menyertakan komentar di masing-masing baris kode. Silahkan dicoba difahami, jika ada yang tidak dimengerti, ayo kita diskusi di komentar atau hubungi saya melalui WhatsApp.

Bagikan artikel

Tinggalkan Balasan