Skip to content

Metode Generik

Reading Time: 1 minute

Tulisan ini hanya fokus menjelaskan cara pembuatan dan penggunaan suatu metode generik(Method Generic). Untuk keuntungan menggunakan metode generik akan disampaikan pada tulisan yang terpisah karena membutuhkan penjelasan yang lebih detail dan mendalam.

Salah satu contoh metode generik yang sering saya temui ketika ngoding adalah penggunaan kelas List dan metode-metode di dalamnya. Metode generik erat kaitannya dengan kelas generik, tetapi kelas generik akan saya bahas pada tulisan berikutnya.

Metode generik adalah metode yang tipe balikan dan tipe parameternya ditentukan pada saat pemanggilan metode tersebut. Perhatikan contoh metode generik berikut.

Untuk memanggil metode seperti di atas, perhatikan kodingan berikut.

Ketika metode dipanggil, kita harus menyertakan sebuah tipe di dalam tanda kurung siku. Pada contoh di atas, kita menyertakan sebuah tipe int. Tipe tersebut nantinya bisa dipakai untuk tipe balikan metode dan tipe-tipe parameter. Dalam contoh ini, saya menggunakan huruf T ketika pembuatan metode generik. Kalian bisa menggunakan huruf selain huruf T jika kalian mau.

Ketika metode dipanggil, tipe balikan dan tipe parameter “a” akan menjadi integer. Kalau dibayangkan, metodenya akan menjadi seperti berikut.

Sekarang perhatikan variasi lain dari metode generik berikut.

Untuk memanggil metode seperti di atas, caranya adalah sebagai berikut.

T akan diganti dengan decimal dan U akan diganti dengan int. Kalau dibayangkan, metodenya akan menjadi seperti berikut.

Jika ada yang belum faham silahkan tanyakan di komentar atau hubungi saya melalui WhatsApp. Baca juga tulisan saya yang lainnya mengenai pemrograman di sini. Terima kasih.

Published inPemrograman

One Comment

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat