Skip to content

Programming itu mudah dan ringan! kenapa banyak orang mengeluh susah dan capek?!

Reading Time: 2 minutes
programming itu mudah
programming itu mudah

Programming itu sangat mudah. Cara untuk melakukan programming adalah pikirkan algoritmanya kemudian implementasikan algoritma tersebut menggunakan bahasa pemrograman. Hanya begitu saja kok susah!.

Programming itu pekerjaan paling ringan. Kita tinggal mikir algoritmanya bagaimana kemudian mengimplementasikan algoritma tersebut dengan mengetikkan algoritma tersebut dalam bahasa pemrograman. Mikir dan mengetik!. Hanya itu kerjaannya!.

Saya pernah ditanya oleh teman saya yang kebingungan untuk membuat suatu fitur yang sebenarnya fitur tersebut mirip dengan fitur di form lain. Saya bilang “kamu kenapa bingung? tinggal kopi paste saja kodingan di form xxx kemudian ubah-ubah sedikit”. Terus teman saya menjawab “ya tidak tinggal kopi paste, memang kalau sudah dikopi paste bakal langsung jalan?”. Mendengar jawaban tersebut saya sudah mulai kesal, kemudian saya jawab “ya tidak akan langsung jalan lah, kamu ubah-ubah dulu sedikit terus pencet F5 baru bisa jalan”, teman saya pun terdiam kemudian mencoba melakukan kopi paste dan mengubah-ubah kodingannya. Setelah itu dia mengeluh “tuh kan ada error!, tidak bisa langsung kopi paste dan diubah-ubah sedikit!”. Mendengar teman saya mengeluh begitu saya langsung naik darah, “ya kalau error kamu tinggal benerin errornya, itu kan jelas keterangan errornya apa!”. Teman kantor saya itu benar-benar sangat menyebalkan!.

Saya juga sering mendengar teman kantor saya mengeluh capek. Saya heran, kenapa dia bisa capek?!. Padahal programmer kan kerjaanya hanya duduk di depan laptop dan menekan-nekan tombol kibot doang!. Heran!.

Saya pernah memasang status WA mengenai hal yang saya tulis ini. Ada beberapa teman saya yang menanggapi status saya. Dia bilang “ngoding itu yang sulit adalah mikirnya”. Saya malah heran, kenapa mikir sulit? bukankah kalau mikir ya tinggal mikir?!. Memangnya kalau kita mikir harus nyuruh otak kita mikir “hey otak ayo mikir!”. Otak itu akan otomatis mikir, tidak perlu diperintah, kalau alasannya mikir itu sulit, jadi tidak masuk akal.

Saya sangat benci mendengar orang-orang yang mengeluh kalau programming itu sulit dan capek. Berhentilah mengeluh programming sulit dan capek. Programming itu sangat mudah dan pekerjaan yang sangat ringan.

Bagikan artikel

Published inPengalaman

4 Comments

  1. HonJe HonJe

    Smoga bisa memahami orang lain ๐Ÿ˜€๐Ÿ‘, done.

    • admin admin

      Hahaha

  2. Semut Semut

    Justru karena kebanyakan duduk badan jadi akan terasa capek. Dan programming memang hal yang mudah ketika sudah paham algoritmanya.

    • admin admin

      Agak terasa ๐Ÿคฃ

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat