Skip to content

Suka dan Duka Programmer di PT Jasamedika Saranatama

Reading Time: 3 minutes
PT Jasamedika Saranatama
Sumber Gambar : www.urbanhire.com

Profil Singkat PT Jasamedika Saranatama

PT Jasamedika Saranatama adalah perusahaan konsultan IT khusus sistem informasi rumah sakit yang beralamat di Jalan Cikutra Baru Raya No.28 A, Neglasari, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2002. Merek produk perusahaan ini adalah Medifirst2000. Untuk informasi lebih detail teman-teman bisa mengunjungi website resminya disini. Waktu kerja perusahaan ini adalah dari hari senin sampai jumat, dari jam 08 sampai 17:00.

Saya dahulu masuk ke PT Jasamedika Saranatama pada bulan november 2014. Pada saat itu saya baru lulus kuliah dan langsung melamar ke perusahaan ini. Saya tahu perusahaan ini dari kakak kelas saya di kampus yang pernah bekerja di perusahaan ini. Saya pernah membuat suatu artikel mengenai pengalaman melamar kerja di perusahaan ini di blog saya yang lama, jika teman-teman ingin tahu bagaimana pengalaman saya pada saat melamar kerja di perusahaan ini, silahkan masuk kesini dan kesini.

Ada 2 Macam Programmer di PT Jasamedika Saranatama

Sampai saat artikel ini ditulis saya sudah hampir 4 tahun bekerja di perusahaan ini. Saya bekerja sebagai programmer di divisi project. Di perusahaan ini programmer ada dua macam, yaitu programmer divisi project dan programmer divisi produksi. Programmer divisi project atau jabatan resminya adalah Analyst Programmer merupakan programmer yang tugasnya ikut melakukan implementasi produk di lapangan dan bertanggungjawab melakukan perubahan aplikasi, sedangkan programmer divisi produksi adalah programmer yang bertanggung jawab untuk membuat suatu aplikasi dari nol dan tidak akan ikut ketika implementasi produk di lapangan.

Hal Menyenangkan Kalau Bekerja di PT Jasamedika Saranatama

Pertama. Suasana kerja yang tidak terlalu formal. Contohnya saya dan teman-teman terbiasa menggunakan sandal jepit di ruangan. Itu membuat saya nyaman jika dibandingkan harus memakai sepatu dan dasi mirip karyawan bank. Saya pernah mendengar tampilan programmer di perusahaan saingan jasamedika, mereka berpenampilan rapi memakai jas, dasi dan sepatu. Saya yakin saya tidak akan bisa berpikir jika harus berpenampilan sangat formal seperti itu. Kemampuan ngoding saya jelas tidak akan bisa dipakai.

Kedua. Saya dan teman-teman yang bekerja di perusahaan ini sudah seperti keluarga. Hubungan kami tidak formal layaknya hubungan teman kerja, tapi seperti hubungan di sebuah keluarga.

Ketiga. Bisa jalan-jalan gratis. Saya sebagai programmer di divisi project bisa dipastikan selalu ikut melakukan implementasi produk di lapangan. Karena saya suka jalan-jalan, terutama ke tempat-tempat yang belum pernah saya kunjungi, saya merasa beruntung bisa masuk ke perusahaan ini. Saya pernah ke Tasikmalaya, Jakarta, Tulungagung dan Balikpapan.

Hal Tidak Menyenangkan Kalau Bekerja di PT Jasamedika Saranatama

Pertama. Karyawan project terlalu lama di lapangan ketika implementasi. Menurut saya ini salah satu masalah besar yang dihadapi perusahaan ini dari dulu sampai sekarang, banyak yang mengundurkan diri gara-gara hal ini, apalagi untuk yang sudah berkeluarga hal ini pasti menjadi masalah besar. Karyawan project bisa lebih dari 1 bulan berada di lapangan tanpa pulang jika implementasinya di luar pulau. Saya pernah di Balikpapan full 4 bulan.

Kedua. Perusahaan tidak sepenuhnya memperlakukan karyawan sebagai karyawan IT, khususnya programmer. Contohnya:

  1. Pemotongan gaji jika datang telat. Perusahaan hanya tahu jam kerja karyawan itu dari senin sampai jumat, jam 08:00 sampai jam 17:00. Padahal kami sebagai programmer project sering bekerja diluar waktu normal. Saya sering berpikir kok perusahaan memotong gaji kami, padahal keterlambatan itu sudah bisa tertutupi dengan jam kerja diluar waktu normal yang lumayan sering kami lakukan.
  2. Duduk ngetik di depan laptop di dalam ruangan, itu artinya bekerja, kalau kami mencari inspirasi misalnya dengan melamun atau ngopi di luar ruangan, kami dianggap tidak bekerja, perusahaan lupa bahwa kami itu programmer. Mencari inspirasi disini contohnya: bug ini solusinya bagaimana? bug ini kenapa bisa terjadi? fitur ini cara membuatnya bagaimana? kalau saya merubah kodingan di bagian ini apakah akan berdampak buruk pada bagian yang lain? dan lain sebagainya. Seharusnya perusahaan menganggap proses mencari inspirasi adalah bagian dari bekerja. Saya pernah seharian melamun dari pagi sampai waktunya pulang memikirkan penyebab suatu bug, itu baru memikirkan penyebabnya, belum memperbaikinya. Kalau perusahaan hanya tahu bahwa yang disebut bekerja adalah mengetik seharian di depan laptop maka saya yang seharian melamun bisa dianggap tidak bekerja.
  3. Pendapatan yang dianggap tidak sepadan. Hal ini juga sering menjadi penyebab banyaknya karyawan mengundurkan diri. Tapi kalau menurut saya sebagai programmer di divisi project, pendapatan di jasamedika sudah sepadan untuk ukuran perusahaan lokal asal tidak terlalu lama di lapangan, misal tidak boleh lebih dari 1 bulan, karena banyak hal yang kami korbankan kalau terlalu lama di lapangan, contohnya kebersamaan dengan keluarga.

Masing-masing perusahaan pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Saya mohon maaf kalau ada teman-teman yang tersinggung setelah membaca tulisan ini. Tulisan ini murni pendapat saya pribadi.

Bagikan artikel

Published inPengalaman

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan

    WhatsApp chat