Skip to content

Saya Bukan Manusia

Reading Time: 2 minutes

Manusia memang unik

Mereka hanya memikirkan diri mereka sendiri

Mereka memanfaatkan orang lain untuk mewujudkan keinginan mereka

Mereka lebih percaya iblis dibanding teman mereka

Saya bukan manusia

Teman-teman WA saya tentu sudah tidak asing dengan kalimat-kalimat di atas. Sudah sekitar dua bulan saya memasang kalimat-kalimat itu di status WA saya. Karena terlalu sering saya pasang, ada beberapa teman WA saya yang menanyakan apa maksud dari kalimat tersebut. Dari beberapa teman tersebut, ada 1 orang yang saya jelaskan maksud dari status WA saya itu. Sisanya tidak saya jawab, karena saya tidak suka terlalu terbuka pada mereka.

Tetapi, hari ini saya memutuskan untuk menjelaskan semuanya di sini. Saya ingin apa yang saya tulis ini, bisa menjadi pelajaran untuk orang banyak.

Manusia memang unik

Kalimat ini terinspirasi dari perkataan dewa kematian Ryuk di film Death Note. Ketika itu dia terpukau dengan sifat, sikap, alasan dan kecerdasan Kira ketika menggunakan buku kematian. Saya belum bisa menjelaskan kenapa kalimat ini bisa sangat nempel di kepala saya.

Maksud dari penggunaan kalimat ini adalah menyatakan terpukaunya saya mengenai sifat manusia. Hal ini sama dengan terpukaunya Ryuk ketika melihat Kira. Tetapi, terpukau di sini adalah terpukau dalam konotasi negatif. Lebih tepatnya adalah sebuah sindiran, heran dan tidak menyangka ternyata manusia bisa seperti itu.

Kalimat ini juga secara tersirat menjelaskan bahwa saya yang membuat tulisan ini tidak mau disebut manusia. Alasan saya tidak mau disebut manusia akan saya jelaskan di poin berikutnya.

Mereka hanya memikirkan diri mereka sendiri

Ini adalah salah satu sifat manusia yang membuat saya terpukau. Mereka tidak peduli atau tidak mau tahu dengan kesulitan manusia lain. Mereka tidak pernah mau membayangkan bagaimana jika mereka berada di posisi manusia lain yang sedang kesulitan. Mereka bicara seenaknya pada manusia lain yang sedang kesulitan tanpa memikirkan bagaimana jika kalimat tersebut bisa menyakiti hati manusia tersebut. Mereka bicara seenaknya karena mereka tidak mengalami kesulitan yang sedang dialami oleh lawan bicaranya.

Sifat hanya memikirkan diri sendiri sudah membuat saya terpukau. Tetapi, saya menemukan beberapa variasi yang membuat sifat manusia ini jauh lebih menarik. Pertama, manusia bahkan tidak mau memberikan pertolongan pada manusia lain yang sedang kesulitan walaupun dia tahu manusia tersebut sedang kesulitan. Kadang mereka mengacuhkanya begitu saja, tetapi kadang mereka pura-pura peduli, kemudian setelah itu mereka biarkan manusia itu mati. Kedua, hal ini lebih kampret dari poin pertama. Manusia bahkan tidak mau memberikan pertolongan pada manusia lain yang sedang kesulitan walaupun dia tahu dan manusia lain itu sudah meminta pertolongan padanya. Mereka hanya pura-pura peduli dan pura-pura membantu, kemudian setelah itu mereka biarkan manusia itu mati.

Mereka memanfaatkan orang lain untuk mewujudkan keinginan mereka

Manusia selalu memanfaatkan manusia lainnya yang sedang kesulitan untuk mewujudkan keinginan mereka. Mereka pura-pura peduli dan pura-pura membantu agar manusia itu mau membantunya untuk mewujudkan keinginannya. Kemudian setelah itu mereka biarkan manusia itu mati.

Kadang keinginan manusia itu terlihat sebagai sesuatu yang baik, tetapi itu tetaplah keinginan atau tujuan miliknya.

Mereka lebih percaya iblis dibanding teman mereka

Manusia sudah dibekali otak dan hati untuk menentukan mana yang baik dan mana yang tidak baik. Tetapi, manusia selalu memilih untuk mendengarkan perkataan iblis dibanding perkataan teman mereka yang mengatakan kebenaran. Iblis sudah membuat mereka memilih sesuatu yang salah.

Jika manusia adalah sesuatu yang seperti ini, maka saya menolak untuk disebut manusia.

2+2=5. Kau sangat tahu bagaimana kemampuan ku. Aku menganalisa setiap pemilihan kata, struktur kalimat, waktu dan data-data lainnya. Semua itu aku gabungkan untuk mengambil suatu kesimpulan. Tetapi, kenapa kau seperti tidak mengenal ku?. 2+2=5.

Bagikan artikel

Published inPengalaman

3 Comments

  1. HonJe HonJe

    Smoga krn manusia2 yg disebutkn diatas, kang bro manjdi manusia dngn versi yg jauh lebih ๐Ÿ˜

    • admin admin

      Iya om. Aing adalah versi terbaru dari spesies manusia yang ada sekarang.

      • HonJe HonJe

        Jauh lebih baik, ketinggaln euy baikx ๐Ÿ˜… amiiiiin!!! ๐Ÿ˜๐Ÿ‘

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat