Skip to content

Super Full Stack Web Developer!!!

Reading Time: 1 minute

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan saya yang di sini, yang menceritakan tentang saya yang sedang mengerjakan suatu projek menggunakan Blazor. Sampai tulisan ini dibuat, projek yang saya kerjakan masih belum selesai walaupun tenggat waktunya sebenarnya tinggal 1 hari lagi. Dalam projek ini, saya harus menjadi seorang super full stack developer.

Di kantor, saya belum pernah membuat aplikasi dari 0. Kerjaan saya adalah melakukan perubahan aplikasi atau penambahan fitur. Hal ini disebabkan saya berada di divisi yang tugasnya memang tidak membuat aplikasi dari 0. Tetapi, khusus untuk projek ini, ada pengecualian. Saya ditugaskan untuk membuat suatu aplikasi dari 0. Mulai dari analisa, desain database, pemilihan teknologi dan kodingnya. Saya harus mengerjakan semua itu sendirian. Benar-benar menyebalkan.

Hal yang paling menyebalkan dari semua kerjaan saya di projek ini adalah bagian analisanya. Saya yang terbiasa ngoding berdasarkan hasil analisa dari analis, terpaksa harus melakukan analisa sendiri. Saya harus ngobrol dengan user untuk mengetahui apa yang sebenarnya user inginkan. Hal yang menyebalkan ketika ngobrol dengan user adalah tidak semua user mampu menyampaikan keinginanya dengan bahasa yang mudah saya fahami.

Saya sering mengganti desain tabel, merubah user interface dan merubah kodingan karena saya salah menafsirkan keinginan user walaupun saya sudah melakukan lebih dari 1 kali diskusi dengan user. Bahkan, ada beberapa fitur aplikasi yang sampai tulisan ini dibuat masih bingung harus dibuat seperti apa, padahal sudah melakukan banyak diskusi mengenai fitur ini. Hahaha.

Tetapi, dibalik hal-hal menyebalkan yang terjadi ketika pengerjaan projek ini, saya juga semakin tahu betapa penting dan sulitnya kerjaan seorang analis. Sebelum mengerjakan projek ini, saya juga sudah tahu betapa sulit dan pentingnya kerjaan seorang analis, tapi, ketika mengerjakan projek ini saya jadi bisa merasakannya sendiri.

Bagikan artikel

Published inPengalaman

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan

    WhatsApp chat