UNIBBA – Pengalaman Kuliah di Universitas Bale Bandung(UNIBBA)

Reading Time: 4 minutes
Nongkrong di lantai 2 FTI UNIBBA, diseberangnya ada danau.
Melamun

Saya mulai kuliah di UNIBBA pada tahun 2010 di Program studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi. Saya lulus dari sini pada tahun 2014. Setelah lulus, saya bekerja di PT. Jasamedika Saranatama sebagai Programmer, perusahaan ini merupakan perusahaan konsultan Teknologi Informasi di Bandung. Sampai tulisan ini diterbitkan, saya masih bekerja sebagai programmer di perusahaan ini.

Sejarah UNIBBA

UNIBBA merupakan perguruan tinggi yang berada di wilayah Kabupaten Bandung. Kampusnya berada di Jl. Raden AA Wiranatakusumah No.7, Baleendah, Kec. Baleendah, Bandung, Jawa Barat 40375. Berdasarkan informasi dari website resminya, perguruan tinggi ini didirikan pada tahun 2008, perguruan tinggi ini merupakan hasil penyatuan Sekolah Tinggi Pertanian(STIPER) dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan(STKIP).

Fakultas dan Program Studi

UNIBBA memiliki 7 fakultas dengan 12 program studi.

  1. Fakultas Pertanian: Agro Teknologi, Agribisnis
  2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan IPS
  3. Fakultas Teknologi Informasi: Teknik Informatika, Sistem Informasi
  4. Fakultas Ekonomi : Akuntansi
  5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : Ilmu Pemerintahan
  6. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam : Prodi Matematika
  7. Fakultas Ilmu Kesehatan : Program Studi Ilmu Keperawatan

Kelas Reguler dan Sore

Di UNIBBA ada kelas reguler dan kelas sore, keduanya dilaksanakan pada hari-hari reguler(senin sampai sabtu). Kelas reguler biasanya dilakukan antara pukul 08 sampai pukul 15:00 sedangkan kelas sore biasanya dilaksanakan pada pukul 17:00.

Beasiswa

Ketika saya kuliah, di UNIBBA sudah ada program beasiswa. Teman saya juga ada yang dapat beasiswa. Untuk kalian yang ingin tahu lebih detail mengenai program beasiswa UNIBBA, kalian bisa melihatnya di sini.

Fasilitas

Untuk fasilitas penunjang perkuliahan, menurut saya fasilitas di UNIBBA sudah memadai. Tapi jika dibandingkan dengan kampus ternama memang masih kalah. Saya sudah lama tidak berkunjung ke kampus, tapi saya yakin sekarang fasilitas yang ada di kampus sudah semakin banyak dan semakin bagus. Berdasarkan informasi dari website resminya, berikut fasilitas-fasilitas yang ada di kampus ini.

  • Gedung Rektorat
  • Gedung Fakultas
  • Ruang Program Studi
  • Ruang Kuliah ber-AC
  • Perpustakaan Universitas
  • Tempat Parkir Luas
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Bahasa
  • Laboratorium Micro Teaching
  • Laboratorium Geografi
  • Laboratorium IPS
  • Laboratorium Keperawatan
  • Laboratorium Pertanina
  • Aula
  • Tempat Ibadah
  • Sarana Olah Raga
  • Hot Spot(Wifi) di setiap gedung

Kualitas Pendidikan

Untuk kualitas pendidikan, jika dilihat dari tingkat kualitas dosen, saya rasa UNIBBA tidak kalah dengan kampus-kampus ternama, soalnya dosen-dosen di UNIBBA banyak yang lulusan S2 atau S3 kampus ternama. Jadi, seharusnya kualitas ilmu mereka tidak sembarangan.

Biaya Kuliah

Dulu, biaya kuliah di jurusan saya sekitar dua juta per semester, untuk jurusan lain sepertinya tidak berbeda jauh. Walaupun jika saya mengingat masa saya kuliah dulu, biaya sebesar itu terasa sangat berat, karena pada waktu itu keluarga saya sedang hidup dalam situasi yang sangat sulit.

Suasana Kampus

Bagi saya yang tidak suka dengan keramaian, suasana kampus UNIBBA cukup membuat saya nyaman. Lokasi kampus UNIBBA tidak dilalui angkutan umum, sehingga tidak terlalu berisik dengan suara kendaraan. Dulu, disamping Fakultas Teknologi Informasi(FTI) ada danau, tapi sekarang saya tidak tahu, mungkin sudah dibangun gedung baru disana. Saya sering berkumpul dengan teman-teman disana. Lumayan bisa membuat pikiran segar setelah pusing belajar di kelas.

Akses Jalan

Kualitas jalan menuju kampus tergolong baik dan cukup lebar walaupun bukan jalan yang dilewati angkutan umum. Untuk mahasiswa pengguna motor tidak akan ada masalah untuk akses menuju gedung fakultas. Begitu pula dengan mahasiswa selain mahasiwa Fakultas Ekonomi, tidak akan ada masalah walaupun lokasi gedung fakultas tidak dilalui angkutan umum. Ini karena lokasi fakultas tidak terlalu jauh dengan jalan raya yang dilalui angkutan umum. Untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi pengguna angkutan umum, harus ada sedikit tenaga lebih, karena lokasi kampus mereka berada di tengah-tengah dan tidak ada angkutan umum yang lewat ke situ. Tapi itu dulu, kalau sekarang sudah banyak angkutan umum online, jadi tidak ada masalah seharusnya.

Tempat Kos

Saya dulu tidak kos, karena memang rumah saya tidak terlalu jauh. Tapi saya punya banyak teman yang kos. Untuk kalian yang berencana kuliah di UNIBBA, jangan khawatir untuk tempat kos, karena di sekitar lingkungan kampus sudah banyak tempat kos. Dulu teman saya biaya kosnya hanya 150 ribu, sekarang kemungkinan sudah naik. Tempat kosan teman saya ada di seberang kampus, ketika jam kosong tidak ada mata kuliah, dia bisa pulang dulu untuk tidur, enak.

Tempat Jajan dan Ngobrol Dengan Teman

Dari semua pedagang jajanan yang ada di seberang kampus, ada satu tempat yang jadi pilihan utama saya dan teman-teman, yaitu “Mie Ayam Obet”. Disebut “Mie Ayam Obet” karena yang jualnya sering disebut mang obet. Saya tidak tahu itu nama asli atau hanya nama panggilan, yang pasti mie ayamnya sangat enak. Mang obet ini mangkalnya di seberang Fakultas pertanian. Saya sangat merekomendasikan mie ayam ini, selain enak, si mang obet juga orangnya sangat ramah dan asyik diajak ngobrol.

Markas

Saya dan teman-teman punya beberapa markas. Pertama, dilantai dua gedung Fakultas Teknologi Informasi(FTI). Disini ada ruangan yang belum dipakai. Kemudian di bagian terasnya bisa dipakai berkumpul dengan teman-teman sambil melihat pemandangan danau. Ketika disini, pokoknya jiwa dan pikiran saya sangat tenang. Kedua, kelas paling ujung di gedung FTI di lantai satu, tempat ini kalau sedang tidak dipakai, sering dijadikan tempat maen PES oleh teman-teman saya. Kalau saya biasanya hanya menonton atau browsingan saja karena memang tidak berbakat main game :). Ketiga, warung dekat danau, warung ini merupakan warung satu-satunya yang ada di dekat danau. Warung ini menyediakan gorengan dan minuman. Makan gorengan sambil lihat pemandangan danau, perlu kalian coba kalau kalian jadi mahasiswa di sini.

Perkembangan Terakhir yang Saya Tahu

Sebelum saya lulus, saya sempat merasakan main dan kumpul dengan teman-teman di lantai satu gedung baru di dekat Fakultas Keguruan. Jadi pada waktu itu, kampus sudah memiliki tempat perkuliahan tambahan yang baru dan sudah digunakan oleh teman-teman fakultas lain. Saya belum ada informasi lagi, apakah pembangunannya sudah selesai semua atau belum.Saya lulus pada tahun 2014, lulus dengan Cum laude dan manjadi lulusan terbaik di jurusan saya. Pada waktu itu judul tugas akhir saya adalah “Pendeteksian Tangan Menggunakan Webcam Untuk Fungsi Mouse Dengan Menerapkan Algoritma Viola Jones”. Jadi intinya, penelitian saya adalah bagaimana melakukan fungsi mouse seperti menggerakkan cursor, klik kiri, klik kanan dan drag and drop hanya dengan menggunakan isyarat tangan. Jika kalian ingin mengetahui lebih jauh mengenai tugas akhir saya, kalian bisa mengunjungi blog lama saya di sini.

Oh iya, teman-teman tolong do’akan saya, saya ada niat untuk melanjutkan kuliah S2 di ITB. Semoga saya bisa mempersiapkan diri untuk ujiannya walaupun sambil bekerja dan saya bisa lulus ujian masuknya, Aamiin 🙂

Bagikan artikel

Tinggalkan Balasan

  1. Ping-balik: Cara Membuat Link WhatsApp di Wordpress -

  2. Ping-balik: Cara Mengetahui Nilai RGB Suatu Warna Menggunakan Paint

  3. Ping-balik: Menggambar Segitiga Menggunakan C#(C Sharp)

  4. Wih mantap min,
    Semoga Allah memudahkan niat baik admin buat sekolah s2, aamiin.
    Lulusan Unibba jg ga kalah bisa bersaing dgn lulusan universitas lain.

    Baiydeweiy, kalo ngobrolin tentang almamater buat cewek cewek yg seneng makan, ada satu spot yg kelewat nih min, yaitu Pojok Baso Mang Odik 😁😁

    • Alhamdulillah komen oge geuningan.

      Aamiin. Nuhun teh.

      Eunya, kuliah mah kumaha urg na oge sih.
      Tah eta teh, poho mang odik teu katuliskeun. hahaha.

  5. Unibba dapat menjadi salah satu kampus pilihan yang ada di Bandung Selatan atau Kab. Bantung. Sayangnya kurang promo, jadi kurang terdengar. Tapi tetap kampus yang bagus.

    Tugas akhirnya keren, baru tahu Ecep membuat program hebat. Jadi lulusan terbaik lagi. Mantap bro!

    Semoga bisa lanjut keliah S2 dan impiannya tercapai.
    Ayo berbagi lagi ilmunya biar lebih bermanfaat.

  6. Ping-balik: Kenapa Memilih C#? -

  7. Ping-balik: Kenapa Memilih C#(Sharp)? -

  8. Semoga isi webnya selalu bermanfaat untuk orang banyak. Dan keinginan admin untuk kuliah S2 selalu di beri kemudahan 🙂 aamiin Allohuma aamiin.